Jumat, 01 Juli 2011

Soal Prediksi UAN Bahasa Indonesia SMA

Paragraf 1.
Asteroid terbentuk dari material yang menjadi saksi bisu dari proses terbentuknya tata surya sekitar empat setengah miliar tahun yang lalu di bawah pengaruh interaksi gravitasi. Sebagian besar populasi asteroid dijumpai berada di antara orbit planet mars dan Jupiter, daerah yang dikenal sebagai Sabuk Utama ( main belt ). Selain asteroid yang mendiami daerah Sabuk Utama, adapula kelompok asteroid dengan orbit yang berbeda seperti kelompok Trojan dan kelompok asteroid AAA ( Triple A Asteroids : Amor, Apollo , Aten ).

1. Ide pokok paragraf diatas adalah ...
A. Asteroid terbentuk dari material
B. Material menjadi saksi bisu dari proses terbentuknya asteroid.
C. Terbentuknya asteroid
D. Asteroid terbentuk empat setengah miliar tahun yang lalu di bawah pengaruh interaksi gravitasi.
E. Asteroid mendiami daerah Sabuk Utara.

2. Industri kimia seperti alkohol, dalam proses pembuatannya membutuhkan air yang sangat besar. Akibatnya, limbah cair yang dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya menjadi besar pula. Air limbah ini bersifat mencemari karena di dalamnya terkandung mikroorganisme, senyawa organik, dan non organik (baik terlarut maupun tersuspensi), serta senyawa tambahan yang terbentuk selama proses fermentasi berlangsung. Industri ini mempunyai limbah cair dari proses produksinya, air sisa pencucian peralatan, limbah padat berupa onggokan hasil perasan, endapan Ca SO4 , serta gas berupa uap alkohol. Limbah industri ini termasuk limbah bahan beracun berbahaya ( B3 ) yang mencemari air dan udara.
Kalimat Utama paragraf diatas adalah ...
A. Limbah industri termasuk limbah bahan beracun berbahaya yang mencemari air dan udara.
B. Industri kimia menghasilkan limbah cair yang besar dan dapat mencemari lingkungan.
C. Air limbah tersebut bersifat mencemari karena didalamnya terkandung mikroorganisme, senyawa organik, dan anorganik.
D. Selain limbah cair, industri juga memiliki limbah padat.
E. Limbah air dari industri kimia terjadi saat proses fermentasi.

Cermati kutipan teks berikut!
Sajak-sajak Taufiq Ismail mulai dimuat di majalah Mimbar Indonesia dan Kisah, ketika masih siswa kelas II SMA Pekalongan. Perpustakaan adalah tempat menyenangkan bagi Taufiq. Sedikitnya empat perpustakaan sebagai tempat Taufiq Ismail menimba bacaan sastra semasa kecilnya. Pertama, Perpustakaan Kota Bukittinggi yang terletak di rumah Taufiq sendiri, di Jalan Lurus. Taufiq menjadi anggota perpustakaan itu, ketika Taufiq masih kelas II dan III (1951-52). Karena kepala perpustakaan itu adalah penyair Rivai Yogie. “Dan karena membaca sajak-sajaknya saya ingin ketemu Rivai Yogie,” kenang Taufiq. Kedua, perpustakaan di Gedung Nasional, di sebelah SMA Bogor, di seberang Kebun Raya, ketika Taufiq Ismail pelajar kelas satu di sana. Ketiga, Perpustakaan PII Pekalongan (tahun-tahun berikutnya Taufiq menjadi penjaganya).

3. Hal yang diteladani pada diri tokoh (Taufik Ismail) sesuai isi teks adalah ...
A. Untuk menjadi panulis dia harus banyak membaca.
B. Kegigihan Taufik Ismail mendirikan perpustakaan.
C. Perpustakaan baginya tempat untuk belajar.
D. Menulis puisi untuk menghindari dari situasi stress.
E. Sejak SMA karyanya sudah dimuat di media massa.

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3) Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desain Grafis untuk D4 dan Desain Multimedia untuk D3 dan Desain Periklanan D3. (5) Dalam proses belajar mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur kesarjanaan S1 pada setiap bidang studi tersebut. (6) Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.





3. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A. Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi.
B. Pendidikan profesi menjadikan seorang profesional.
C. Keprofesian adalah disebut program diploma.
D. Mahasiswa diarahkan kepada minat keahlian tertentu.
E. Pendidikan berawal saat seorang bayi itu dilahirkan.

4. Arti kata profesi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ... .
A. pekerjaan yang digeluti oleh seseorang secara sungguh-sungguh.
B. seseorang yang menyediakan waktunya untuk menekuni pekerjaan
C. bidang pekerjaan yang dilandasi oleh pendidikan keahlian tertentu
D. kegiatan yang memiliki aturan-aturan yang jelas atau sudah ditetapkan
E. pekerjaan resmi yang digeluti oleh seseorang untuk kehidupannya

5. Cermati kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Pengantisipasi berbagai persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.

Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ... .
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (5)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3), (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)




6. Kalimat simpulan yang sesuai dengan data grafik bahwa responden di Sumatera, Lombok, dan Kalimantan adalah ........
A. Banyak yang memberikan penilaian baik terhadap buku tersebut.
B. Yang menilai baik dan tidak tahu sebanding.
C. Lebih separuh yang menilai baik buku tersebut.
D. Perbandingan tiga macam penilaian buku, hampir sama.
E. Yang menyatakan buruk, hampir separuh responden.

7. Kalimat pernyataan yang sesuai dengan data grafik adalah ........
A. Di wilayah Bali dan Jawa, responden memberikan penilaian yang sama.
B. Di Lombok memberikan penilaian baik lebih banyak.
C. Di wilayah Jawa responden yang paling banyak tidak tahu memberikan penilaian.
D. Responden memberikan nilai buruk sangat sedikit di empat wilayah tersebut.
E. Terjadi perbedaan yang sangat besar antara penilai baik dan buruk di wilayah Bali.



(1) Dengan tiba-tiba, Seri Laut duduk menyembah kaki Anggun Dewa. "Ampun hamba pada kakak, usahlah hati dipermalukan, jangan bicara diperpanjang, hamba tahu, hamba arif. (2) Kata kakak, kata menyindir, ngilu tulangku mendengarkannya. (3) Dosa hamba seberat bukit, kesalahan sebesar bumi, bagaimana hamba akan menurut, bagaimana hamba akan pulang, menentang kakak, hamba malu. (4) Bukanlah kakak yang celaka, untung hamba kiranya. (5) Jangan suka mendengar asut petenah, buah bicara orang penghasut, akhirnya, badan yang menanggung, menanggung dendam siang malam, hidup bagai hantu rimba," demikianlah kata Seri Laut sambil menangis. (6) "Manalah Tuan Seri Laut, jangan Tuan panjang bicara. (7) Hari hampir berjuak malam, matahari hampir terbenam. (8) Bawa hamba ke tempat Tuan. menjemput inang dan pengasuh, mari kita pulang ke rumah, menjelang ayah dengan bunda."

8. Kalimat yang berisi amanat bahwa mendengarkan hasutan orang akan mencelakakan sendiri adalah nomor ........
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

9. Karakteristik sastra Melayu klasik dalam kutipan tersebut yang merupakan istana sentris (bersifat kerajaan) terlihat pada kata dalam kalimat nomor ........
A. (4)
B. (5)
C. (6)
D. (7)
E. (8)

"Oo, marah, Pak Tua? Ah, sudah tua suka marah-marah!"
"Huss! Apakah kau anggap aku ini pak tuamu?"
"Aku bukan kangmasmu!" bentak kakek-kakek itu lagi.
"Oo, iya! Tentunya aku harus memanggilmu mbah, ya! Aku lupa, sungguh. Tapi sebetulnya awal tadi telah aku ingatkan jika aku bersalah. Siapa bersalah wajib diingatkan. Jika tidak demikian? Coba gambarkan, betapa banyak kesalahan yang akan kuperbuat selanjutnya."
Kakek itu tertunduk. Wajahnya berubah tenang. Lalu bicara dengan suara yang tak berdaya. "Betulkah bicaramu? Aku sudah tampak sangat tua?"
"Mengapa?"
"Pantas kau panggil mbah?".
"Hi-hi-hi! Pertanyaanmu itu! Kau sekarang kentara sekali merasa sedih! Mengapa? Apakah karena umurmu yang lanjut, apa karena tidak tahu bahwa kau sudah tua?"
"Jangan bersenda gurau, Kenes, aku betul-betul bertanya!"

Tikungan di Dekat Bendungan oleh St. Ismariasita

10. Konflik yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut tentang ........
A. panggilan yang disampaikan kepada kakek dengan kata mbah dan mas
B. kecemasan tokoh kakek akan ketuaan usianya
C. ketidakcocokan penggunaan kata sapaan dengan realitas
D. tokoh Kenes menentukan usia seseorang, sudah tua ataukah masih muda
E. Kakek dan Kenes memperebutkan sapaan mbah dan mas

11. Watak tokoh Kakek dalam kutipan cerpen tersebut adalah ........
A. pemarah
B. pendendam
C. pemalu
D. penyabar
E. perasa








12. Perhatikan gurindam berikut !



Gurindam di atas memiliki maksud ....
A. Banyak orang terjatuh karena sering mengumpat dan memuji
B. Mengumpat dan memuji dapat menyebabkan orang tergelincir
C. Banyak orang berdosa karena perkataan yang dikeluarkan
D. Mengumpat dan meuji adalah pekerjaan yang sehat
E. Sebelum mengumpat dan memuji harus berpikir terlebih dahulu


13. Cermati kutipan gurindam berikut!
Bersungguh-sungguh engkau memeliharakan tangan,
daripada segala berat dan ringan.
Maksud gurindam tersebut adalah ...
A. Janganlah mengangkat beban yang berat agar tangan anda tidak rusak
B. Bila ingin berhasil, lakukanlah usaha, baik besar maupun kecil.
C. Kita haruslah menghindari segala perbuatan dosa, baik kecil maupun besar.
D. Orang yang ingin selamat, harus giat dan rajin bekerja apa saja.
E. Hidup kita akan selamat bila selalu ingat akan dosa kecil atau besar.

Pedang di kanan keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati
Ini barisan tak bergenderang berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu

14. Tema kutipan puisi di atas adalah …
A. perjuangan
B. pemberontakan
C. penindasan
D. pengkhianatan
E. pelarian

15. Suasana yang digambarkan pada puisi nomor 14 adalah …
A. berkabung
B. bergolak
C. menyerah
D. perang
E. gelisah

16. Kata yang melambangkan peristiwa perang pada puisi tersebut adalah …
A. pedang dan keris
B. berselempang dan di kanan
C. bergenderang dan kepercayaan
D. kepercayaan dan tanda
E. semangat dan tanda

17. Perhatikan kutipan esai berikut
Kesenjangan di Indonesia cenderung naik pada tahun-tahun ini. Kesenjangan itu tampak sebagai berikut. Pertama, adanya kesenjangan pemilikan lahan sektor pertanian. Kedua, adanya kesenjangan akses untuk memasuki akses ekonomi sebagai sumber pendapatan. Disektor pertanian misalnya, petani kecil kesulitan mendapatkan kredit. Ketiga, kesenjangan untuk mendapatkan akses pelayanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan.
Hal yang diungkap dalam kutipan esai tersebut adalah...
A. kesenjangan merupakn salah satu pokok persoalaan sosial ekonomi kita akhir-akhir ini
B. petani semakin sulit hidupnya sehingga lahan pertanian semakin menipis
C. kesenjangan yang terjadi antara petani dengan pemerintah Indonesia
D. pendidikan dan kesehatan semakin tidak dapat dijangkau oleh petani Indonesia
E. petani kecil selalu mendapatkan kesulitan untuk memperoleh kredit dari pemerintah




18. Kata penghubung antarklausa terdapat pada kalimat …
A. Di Indonesia banyak lahan pertanian yang seubur
B. Karena hujan terus menerus, daerah itu banjir lagi
C. Jika kamu belajar, kamu akan sukses
D. Kepercayaan dari seseorang jangan kamu sia-siakan
E. Kita harus berhati-hati, selamat sampai tujuan

19. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Akhir-akhir ini aku tidak aktif lagi dalam kegiatan itu, aku sudah non aktif.
(2) Aktivitasku dalam kegiatan ekstrakurikuler sudah cukup menyita waktu.
(3) Ini semua aku lakukan untuk menunjang pelajaran intrakurikuler.
(4) Jadi, kamu jangan punya praduga dan prasangka yahg jelek.

Paragraf di atas menggunakan kata-kata berimbuhan serapan. Penulisan imbuhan serapan yang sudah tepat ialah yang terdapat pada kalimat nomor....
A. (l) dan (2)
B. (l) dan (3)
C. (l) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)

20. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada saat bertanding pasti menggunakan metoda bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah....
A. atlet, propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet, profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
E. atlit, profesional, metodologi, konsekwen, amatir
21. Bacalah paragraf berikut!
Pada rute terakhir itu, kondisi kami sudah tidak optimal. Padahal jalan yang akan kami telusuri sungguh berat engan resiko tinggi. Lorong gua menurun terjal dengan jarak 60 meter sampai 70 meter. Bukan cuma licin, air yang tergenang juga mengalir dan jatoh mengikuti bentuk lorong gua. Kalau sampai terpeleset bisa berbahaya.
Kata baku yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. risiko, hanya, jatuh
B. risiko, cuman, jatuh
C. resiko, cuman, jatuh
D. resiko, hanya, jatoh
E. resiko, cuman, jatuh

22. Cermatilah paragraf berikut!
Ibu guru selalu bilang, semua siswa tidak boleh mensontek pekejaan. Jika ketahuan, ibu guru akan memberikan sangsi kepada siswa tersebut.
Perbaikan kata tidak baku yang dicetak dalam paragraf tersebut adalah....
A. mengomentari, mencontek, sanksi
B. mengatakan, menyontek, sanksi
C. memberitahukan, mencotek, sanksi
D. mengatakan, mencontek, sanksi
E. memberitahukan, mencontek, sanksi

23. Cermati kalimat dalam paragraf berikut!
Penyebab asma dapat bermacam-macam. Penyebab yang bersifat alergis dapat berasal dari debu, bulu binatang, kapuk, makanan, dan lain-lain. Sedangkan penyebab nonalergis dapat … oleh aktivitas fisik, seperti berlari-lari, tertawa. … emosi, perubahan udara, pencemaran udara, dan lain-lain pun bisa pula jadi penyebabnya. Walaupun demikian, alergi terhadap zat-zat tertentu paling sering terjadi. Umumnya kelainan ini bersifat menurun. Kalau … saluran nafas sangat rentan, asma sangat mudah menyerang



Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf adalah ....
A. ditimbulkan, perbandingan, kebetulan
B. ditimbulkan, perubahan, kebetulan
C. dimanfaatkan, perbandingan, keserasian
D. ditunjukkan, perlawanan, kemungkinan
E. ditampilkan, perubahan, kemungkinan

24. Cermati topik dan penggunaan kalimat dalam paragraf berikut!
Kalimat penjelas
Topik : Pantai Natsepa
(1) Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
(2) Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama.
(3) Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas penginapan.
(4) Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami kerusakan.
(5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
(6) Bahkan biasanya pengunjung sampai ke Pantai Liang.

Kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A. (1), (2), (3), dan (5)
B. (1), (2), (3), dan (4)
C. (1), (3), (5), dan (6)
D. (2), (3), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)

25. Sekitar 700m dari sekolahku ada ... yang terbakar. Gedung itu dilengkapi dengan. ... Untuk menuju kesana, kita cukup berjalan kaki saja. Setelah berjalan kaki sekitar 400m ke arah selatan kita berbelok ke kiri, dan disebelah kanan terdapat... dari situ kita berjalan lagi sekitar 300m dan sampailah kelokasi itu.
Frase atribut berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari paragraf tersebut adalah ...
A. Pasar tradisional, Tangga berjalan, Jembatan penyebrangan
B. Pertokoan lengkap, pendingin ruangan, jembatan penyebrangan
C. Bangunan besar, tangga berjalan, jembatan penyebrangan
D. Gedung bertingkat, tangga berjalan, jembatan layang
E. Gedung bertingkat, tangga berjalan, jembatan penyebrangan
26. Cermati paragraf analogi berikut!
Sebuah pedati berjalan menuju suatu tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan menempuh jalan yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang berbelok-belok belobang-lobang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila melewati jalan yang kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi, bila menempuh jalan yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar jalan pedati tidak oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah kuat pula supaya tidak patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu pula kehidupan yang dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula yang sulit, penuh cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan hati. Apakah seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung kepada kekuatan dan ketegaran hatinya. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Hidup ini pada dasarnya tidak selalu mudah, bagus, atau lancar, tetapi ada yang mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
B. Jadi, kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
C. Dengan demikian, kita manusia akan diuji kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai cobaan dan memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
D. Manusia dan roda perlu perhatian supaya dapat menempuh suatu jalan yang mulus penuh rintangan dan kendala yang dapat mencelakakan.
E. Akhirnya, manusia mengetahui apa yang harus dilakukannya agar apa yang akan dicapainya dapat diraihnya tanpa rintangan dan selamat.
27. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Di sekolah saya, setelah diumumkan hasil ujian nasional, siswa kelas IPA yang berjumlah satu kelas, lulus semua. Sementara kelas IPS berjumlah empat kelas yang tidak lulus sejumlah lima puluh tiga orang. Ketidaklulusan mereka dengan data sebagai berikut :
Kelas IPS 1 yang tidak lulus mata uji pelajaran bahasa Inggris dua orang, Ekonomi tujuh orang. Kelas IPS 2 yang tidak lulus mata pelajaran bahasa Inggris satu orang, Ekonomi sebelas orang. Kelas IPS 3 yang tidak lulus mata uji bahasa Inggris tiga orang, Ekonomi lima belas orang. Kelas IPS 4 yang tidak lulus mata uji bahasa Inggris satu orang, Ekonomi sebelas orang sedangkan untuk pelajaran bahasa Indonesia, lulus semua.

Kalimat simpulan yang tepat untuk generalisasi tersebut adalah ........
A. Maka, persentase siswa IPS yang sedikit tidak lulus adalah dalam mata uji pelajaran bahasa Indonesia.
B. Dengan demikian, persentase siswa IPS yang tidak lulus banyak dalam mata uji pelajaran bahasa Inggris.
C. Dapat dikatakan bahwa persentase siswa IPS yang tidak lulus setiap kelas, paling sedikit dalam mata uji pelajaran ekonomi.
D. Jadi, persentase siswa IPS yang tidak lulus, terbanyak dalam mata uji pelajaran ekonomi.
E. Oleh sebab itu, pantaslah siswa IPS tersebut tidak lulus dalam mata uji pelajaran bahasa Inggris..
28. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. (2) Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya. (3) Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa. (4) Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. (5) Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

Kalimat yang tidak merupakan sebab dalam paragraf tersebut adalah nomor ........
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

29. Cermati silogisme berikut dengan saksama!
Semua pantai di wilayah Indonesia berpotensi untuk menjadi objek pariwisata. Bunaken merupakan salah satu pantai di wilayah Indonesia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ........
A. Jadi, Bunaken salah satu objek pariwisata di Indonesia.
B. Maka, salah satu objek pariwisata adalah Bunaken.
C. Tentu, Bunaken berpotensi untuk menjadi objek pariwisata.
D. Pasti objek pariwisata Bunaken di wilayah Indonesia.
E. Untuk itu, Bunaken salah satu objek pariwisata berpotensi bagi Indonesia.

30. Waktu kereta api mulai memperlambat jalannya untuk kemudian berhenti ditengah-tengah stasiun, tak ku sadari bahwa aku sebetulnya adalah orang asing dikota ini. Aku mendapat cuti 2 minggu untuk mengurus surat pengangkatan. Untunglah aku telah beberapa lama menyimpan uang dengan harapan dapat membayar ongkos perjalanan...
Kaliamat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah...
A. Aku lama tinggal di kota itu
B. Namun sekarang akun menjadi penghuni tetap di kota ini
C. Aku orang baru di kota ini
D. Aku mempunyai pekerjaan di kota ini
E. Aku menyimpang uang untuk pergi ke kota ini
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Karena, sebagian besar tenaga kerja yang mencari pekerjaan itu hanya berpendidikan SD.
2. Rendahnya kualitas tenaga kerja juga merupakan masalah dalam dunia ke-tenagakerjaan.
3. Sementara, yang telah menamatkan pendidikan SMP dan SMA belum menjamin bahwa pendidikan yang mereka peroleh cocok dengan kebutuhan tenaga kerja di lapangan.
4. Bahkan banyak yang belum sempat menamatkan pendidikan SD.
5. Tamatan SMP dan SMA tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai yang sesuai dengan lapangan pekerjaan.
Kalimat-kalimat tersebut jika menjadi sebuah paragraf yang padu, susunannya adalah....
A. (2)-(4)-(3)-(5), dan (1)
B. (2)-(1)-(3)-(4), dan (5)
C. (2)-(1)-(4)-(3), dan (5)
D. (2)-(3)-(1)-(4), dan (5)
E. (2)-(5)-(4)-(3), dan (1)

31. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Teman-teman seperti yang telah saya uraikan sebelumnya bahwa kenakalan remaja dapat diatasi dengan salah satu cara yaitu menyalurkan kelebihan energi yang dimiliki remaja pada kegiatan yang positif dan dinamis ...
Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...
A. Oleh karena itu, marilah kita bekerja sama mencari jalan keluar untuk kegiatan remaja yang positif dan dinamis agar dapat mengurangi dampak negatif kenakalan remaja.
B. Oleh sebab itu, diharapkan pandangan positif dari orang dewasa terhadap remaja-remaja seperti kita ini.
C. Oleh karena itu, marilah kita tuntut pihak sekolah agar membuka kegiatan ekstrakurikuler sebanyak-banyak demi penyaluran hobi kita.
D. Oleh sebab itu, remaja dan kenakalannya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan modern ini.
E. Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita rajin membantu orang tua agar mereka sayang dan tidak menuding remaja yang nakal.

32. Perhatikan ilustrasi berikut!
Seorang siswa membuat sebuah karya tulis bertemakan "Pantun."
Rumusan latar belakang berikut ini yang tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut adalah...
A. Banyak ditemukan bentuk-bentuk pantun yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
B. Pantun sekarang tidak lagi dikenal masyarakat, terutama kaum muda.
C. Acara "Berbalas Pantun" di televisi ternyata peminatnya sangat banyak.
D. Banyak dijumpai pantun baru hasil ciptaan para remaja yang menarik
E. Banyak lagu-lagu yang syairnya ternyata berbentuk pantun.
33. Diantara ketiga anaknya memiliki perbedaan sifat.
Kalimat tersebut berdasarkan struktur kalimatnya tidak tepat. Penulisan struktur kalimat yang tepat adalah...
A. Antara ketiga anaknya memiliki perbedaan sifat
B. Ketiga anaknya memiliki perbedaan sifat
C. Anaknya yang ketiga memiliki perbedaan sifat
D. Sifat diantara ketiga anaknya memiliki berbeda
E. Ketiga-tiga anaknya memiliki perbedaan sifat

34. Kalimat berobjek terdapat pada …
A. Bacaan populer masih dianaktirikan
B. Tahun ini merupakan tahun keberuntungan Indonesia
C. Pemerintah mengecam pengunjuk rasa yang berdemonstrasi
D. Negara kesatuan RI berdasarkan Pancasila
E. Setiap malam adik belajar bahasa Inggris

35. Kalimat permintaan saran yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah …
A. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.
B. Fuji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
C. Terima kasih atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
D. Semua kritik dan saran Saudara kami tampung.
E. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikan karya tulis ini.

36. Cermati penulisan judul karya tulis berikut!
efisiensi persediaan pemakaian bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga thermal
Perbaikan yang tepat untuk penulisan judul karya tulis tersebut adalah ....
A. Efisiensi persediaan pemakaian bahan bakar untuk pembangkit listrik di Indonesia
B. Efisiensi Persediaan Pemakaian Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik Di Indonesia
C. Efisiensi Persediaan Pemakaian Bahan Bakar untuk Pembangkit Listrik di Indonesia
D. Efisiensi Persediaan Pemakaian bahan bakar Untuk Pembangkit listrik di Indonesia
E. Efisiensi Persediaan Pemakaian Bahan Bakar untuk Pembangkit Listrik Di Indonesia

Cermati struktur surat lamaran kerja berikut!
1. Lampiran : ...
2. Perihal : .... 3. Malang, 5 Juni 19
4. Kepada
Yth. Bapak Direktur PT Guna Bakti
Jl. Sidomuncul 89 Surabaya
5. Dengan hormat,
6. "Dengan ini
.........:…………………………………………………………….
.........:…………………………………………………………….
.........:…………………………………………………………….
7. Hormat saya
……………..
37. Struktur lamaran kerja di atas yang salah nomor...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 7

Cermati iklan melalu situs web, 12 Desember 2007 berikut!
PT Federal
Jl. Teluk Betung 47-49, Jakarta 10230
Membutuhkan sekretaris untuk Vice President, wanita, min D-3maks 25 th.
lamaran sebelum 25 Desember 2007

38. Kalimat pembuka surat lamaran kerja yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ...
A. Berhubung dengan iklan pada situs web yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan Sekretaris Vice President.
B. Sehubungan dengan iklan pada situs web, 12 Desember 2007, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Saudara untuk mengisi lowongan tersebut.
C. Bersama surat ini saya mencoba mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan Bapak sesuai dengan iklan yang dipasang pada pada situs web.
D. Sehubungan dengan Bapak membutuhkan karyawan baru di perusahaan Bapak dalam pada situs web tanggal 12 Desember 2007, saya ingin mengajukan lamaran.
E. Dengan surat ini saya memberanikan diri untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak pimpin sesuai dengan iklan tersebut.

...
39. Cermati kutipan surat lamaran berikut!
Adapun kualifikasi saya sebagai berikut,
Penulisan pemerian identitas yang paling tepat untuk melanjutkan kutipan surat lamaran kerja tersebut adalah....
A. nama : Falentina astuti
tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat : Jl. Ahmad jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun 2000

B. Nama : Falentina Astuti
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 juni 1981
Alamat : Jln. Ahmad jazuli, Yogyakarta
Pendidikan terakhir : S1, tahun 2000

C. nama : Falentina Astuti
tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat : Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun 2000

D. Nama : Falentina Astuti
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
Alamat : Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
Pendidikan terakhir : S1, tahun 2000

E. nama : Falentina Astuti
tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat : Jl, Ahmad Jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun 2000

40. Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ...
A. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih banyak..
B. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
D. Atas perhatian, saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

42. Kalimat di bawah ini yang menyatakan bahwa pelamar mengajukan lamaran kerja berdasarkan inisiarif sendiri adalah....
A. Saya mengajukan lamaran ini sesuai dengan informasi yang tertulis di papan pengumuman perusahaan.
B. Menurut iklan perusahaan Indomoto yang tertulis di dalam surat kabar ibu kota, maka saya mengajukan lamaran.
C. Sesuai dengan pengumuman resmi peusahaan, maka saya mencoba mengajukan lamaran kerja.
D. Karena pendidikan saya sesuai dengan persyaratan perusahaan Bapak. saya mengajukan 1amaran ini.
E. Informasi radio dari perusahaan Bapak telah mendorong kami untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

43. Cermati ilustrasi berikut!
Judul novel : Lelaki Tua dan Laut/The Old Man and The Sea
Pengarang/Penerjemah : Ernest Hemingway/ Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri pada pembaca persis seperti gerakan ombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ...
A. Sedikit sekali penulis yang berani mengangkat ide cerita dari kaum pinggiran seperti nelayan. Namun, Hemingway berani mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang penuh ketegangan ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis agak lambat menciptakan ketegangan-ketegangan dalam cerita. Pembaca menjadi kurang bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu monoton, yaitu laut dan laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya berbahasa tak perlu diragukan lagi. Hanya saja, khusus pada novel ini tema yang diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan Hemingway pada novel ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak laut yang mengguncang-guncang perahu.
E. Meskipun buku ini banyak dibaca orang, terlihat banyak kekurangan tentang kebiasaan di laut yang mungkin Hemingway sendiri dapat merasakannya.

Cermati kutipan puisi berikut dengan saksama!
Andai esok tak ada lagi mentari
Arah langkah terhenti seketika
Langit berubah warna kelabu
.......
Bunga-bunga mendadak layu

44. Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang puisi tersebut adalah ........
A. Gerimis pun mulai reda lagi.
B. Udara dingin sekali.
C. Angin dan embun pagi berhenti menyapa.
D. Tanpa lentera akan gelap sekali.
E. Pembawa berita bercerita.
45. Perhatikan penggalan dialog berikut!
Anton : Dik, nanti sore jadi, bukan?
Didik : Jadi apa?
Anton : …
Didik : Ah, ya! Aku hampir lupa. Untung kau ingatkan. Antara sekolah kita dengan SMA "Bunga Indah," kan!
Anton : Betul. Kalau tidak menontonnya, rugi kita. Ha ... ha ... ha ...
Didik : Ya, karena primadona kita akan turun nanti. OK, sampai nanti sore.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ...
A. Mengerjakan PR Matematika di rumah Nyoman.
B. Menyaksikan pertandingan bola voli di TVRI.
C. Kita menjenguk Handi di RSUP bersama Rita, anak SMA "Bunga Indah."
D. Kita mendengarkan bersama siaran "Kreasi Remaja" di RRI.
E. Menonton pertandingan bola basket.

46. Cermatilah penggalan cerpen berikut!
Pada suatu hari Ida tiba-tiba sakit keras dan keesokan harinya meninggal dunia. Tetanus, kata dokter, sesudah mayatnya diperiksa. Telalu berat penderitaan ini bagi mereka berdua untuk dapat dirasakan lagi, seolah-olah mereka dibiuskan oleh suntikan oprasi. Sakit tak tersa lagi. Seperti mimpi rasanya mereka sekonyong-konyong kehilangan Ida, anak satu-satunya. Suara Ida yang begitu riang tidak kedengaran lagi.
Seluruh tubuhnya merasa sakit dan ngilu tulangnya, disana-sini perih ketika Basri mengeluarkan kepala sepertui tikus dari tumpukan balok papan dan atap yang hampir menjadi kuburannya. Dia memandang sekeliling, yang tampak hanya puing dan asap.
Dicobanya berdiri, tatapi kepalanya terasa berat seperti batu, rambutnya kotor penuh debu. Pada pipi dan bahunya melekat darah campur debu, yang hampir kering mengental.

Karya : Gayus Siagian
Sumber : Pamusuk Eneste, Cerpen Indonesia Mutakhir, Jakarta, Gramedia, 1983
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi penggalan cerpen tersebut adalah...
A. Tema cerpen tersebut adalah penderitaan rakyat pada masa revolusi atau berkecamuknya gerombolan Darul Islam
B. Jalan cerita dalam cerpen tersebut rata, tiada ketegangan atau kejutan.
Ketika pengarang menyebut seseorang, pelaku mati atau celaka, tiada terasa keharuan hinggap dalam diri kita.
C. Cerita para tokoh dalam cerpen dapat dijadikan sebuah pelajran yang berharga bagi para pembaca tentang penyakit tetanus.
D. Penderitaan yang dialami para tokoh membuat para pembaca ikut larut dalam kesedihan
E. Tokoh Basri mengalami konplik batin yaitu kehilangan anak semata wayang karena penyakit tetanus.
Bacalah kutipan surat undangan burikut !
Dengan hormat,
Dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu guru kesenian SMA untuk menghadiri pentas seni SMA Nasional Bandung yang akan diselenggarakan pada :



47. Pemerian yang tepat untuk melengkapi isi surat undangan tersebut adalah…
A. hari/tanggal : Kamis, 25 Agustus 2005
tempat : SMA Nasional Bandung
waktu : pukul 10.00 s/d 14.00
B. hari : Kamis
tanggal : 25 Agustus 2005
waktu : pukul 10.00 s/d 14.00
C. hari, tanggal : Kamis, 25 Agustus 2005
tempat : SMA Nasional Bandung
acara : Pentas seni
D. hari, tanggal : Kamis, 25 Agustus 2005
tempat : SMA Nasional Bandung
waktu : pukul 10.00 s.d. 14.00
E. hari, tanggal : Kamis, 25 Agustus 2005
tempat : SMA Nasional Bandung
acara : Pentas seni

48. Ia telah mencoreng arang di keningnya sendiri. Peribahasa yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Akhirnya kamu mencabik baju di dada
B. Jangan bercermin di air keruh
C. Bukan salah bunda mengandung
D. Setelah busuk baru dikuburkan
E. Siapa memakan lada dia kepedasan

49. Perhatikan paragraf berikut!
Setelah musuh menyerang wilayah mereka. Pasukan itu kalah. Namun mereka ... dan terus berusaha mengumpulkan tenaga dan kekuatan pasukan.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi parangraf di atas adalah...
A. Patah tumbuh hilang berganti.
B. Harimau mati menunjukkan belangnya.
C. Tiada gading yang tak retak.
D. Sebelum ajal berpantang mati.
E. Sebab buah dikenal pohonnya.
50. Perhatikan kutipan paragraf esai berikut!
Berbagai penambahan pengucapan dalam puisi Indonesia moderen dalam tiga puluh tahun terakhir sangatlah mengagumkan. Para penyair memanfaatkan kebebasan pengucapan kepenyairannya boleh dikata secara tak terbatas. Orang bisa menulis puisi dalam bentuk bahasa prosa.... jauh sebelum Taufik Ismail, menulis puisi dalam bahasa prosa, hal itu telah dilakukan oleh Sitor Sitomorang, tetapi kurang mendapat perhatian.
(Sutardji Calzum Bachri, Gelak Esai dan Ombak Sajak Anno 2001, Jakarta, Kompas, 2001)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf esai diatas adalah....
A. Hal ini juga dilakukan oleh Taufik Ismail
B. Para penyair sebenarnya kurang setuju terhadap kebebasan ini
C. Kebebasan yang seperti ini sangat merisaukan Taufik Ismail
D. Kebebasan yang sangat sulit diabadikan dengan kata-kata
E. Para penyair juga mengikuti jejak Taufik Ismail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar